Yang namanya asuransi, apakah itu jiwa maupun kenderaan tentu memberikan manfaat bagi si pemilik asuransi. Apalagi kalau bukan perlindungan maksimal dimana jenis asuransi yang dipilih akan disesuaikan dengan nilai perlindungan yang diberikan. Di dalam artikel ini akan dibahas tentang asuransi mobil terutama bagaimana atau cara klaim asuransi mobil agar proses yang diajukan tidak ditolak.

Kita tahu, ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin meraih keuntungan sehingga perusahaan asuransi harus benar benar selektif dalam menyetujui setiap permohonan yang diajukan. Seperti Adira misalnya yang mengusung asuransi Autocillin yang menawarkan aneka jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan atau cara klaim asuransi mobil? Yang pertama adalah sebagai pelanggan harus memperhatikan hal penting dalam polis seperti keterlambatan saat melapor kejadian. Kemudian bagaimana dengan batas waktu pelaporan.

Pastikan juga jika Anda sebagai pengemudi kendaraan harus memiliki surat izin mengemudi atau SIM. Jika tidak, maka klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis. Sesaat setelah melaporkan kepada perusahaan asuransi, maka siapkan segala dokumen yang diperlukan seperti salinan polis asuransi, SIM, STNK dan surat keterangan dari kepolisian. Dan, pastikan juga kendaraan yang dibawa tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh hukum.

Pentingnya membaca segala ketentuan dalam polis termasuk cara klaim asuransi mobil akan membuat Anda mengetahui secara pasti apa saja yang didapat nantinya. Jika tidak, bisa saja perseteruan terjadi yang justru merugikan Anda sendiri. Sudah membayar premi secara rutin namun saat terjadi kecelakaan Anda juga harus membayar biaya perbaikan.

Kondisi ini bisa terjadi jika Anda benar benar tidak memahami dengan baik terutama saat pengajuan asuransi. Menunda pelaporan adalah salah satu faktor yang membuat klaim berujung gagal. Padahal, jelas aturan yang ditentukan dalam polis adalah 3 x 24 jam dengan catatan melengkapi dokumentasi berupa foto. Jadi, seandainya hal ini tidak dilakukan maka biaya penggantian dipastikan tidak akan cair. Oh ya, jangan lupa saat mengklaim asuransi mobil pihak asuransi akan menambahkan biaya atau disebut dengan deductible. 

Kategori: Asuransi